Mitos kehamilan menurut islam 0858-3265-1727

Mitos kehamilan menurut islam 0858-3265-1727
Mitos kehamilan menurut islam 0858-3265-1727

Mitos kehamilan menurut islam 0858-3265-1727

Setiap ibu hamil pasti berharap kandungannya bisa sehat hingga proses persalinan dan melahirkan anak yang sehat pula. Biasanya menurut adat Jawa terdapat banyak pantangan bagi ibu hamil. Misalnya ibu hamil dilarang mengejek orang cacat dan membunuh binatang. Namun bagaimana sih Mitos kehamilan menurut islam 0858-3265-1727 ??

Sebenarnya islam tidak memberikan larangan khusus bagi ibu hamil. Namun jika ingin melahirkan bayi yang sehat, cerdas dan sholeh, maka hendaklah memperbanyak amalan selama kehamilan dan menjauhi maksiat.

Mitos kehamilan :

  • Ibu hamil dilarang membunuh atau menyakiti hewan

Mitos hamil Jawa ini tidak hanya berlaku bagi sang ibu hamil namun juga bagi sang suami. Calon orang tua bayi dalam kandungan dilarang membunuh, menyakiti ataupun memburu hewan karena bisa membuat bayi yang dilahirkan nantinya cacat.

  • Mitos hamil bawa gunting

Mitos hamil yang satu ini meyakini bahwa ibu hamil rentan diganggu oleh makhluk halus sehingga untuk menangkal hal ini, ibu hamil diperintahkan membawa gunting kecil dan peniti yang disematkan pada pakaian ibu hamil.

  • Mitos larangan menjahit

Mitos ini meyakini bahwa jika ibu hamil menjahit kain dengan jarum secara manual maka anak yang dilahirkan akan sumbing. Secara medis dikatakan tidak ada kaitan antara menjahit dengan bawaan bayi yang terlahir sumbing. Karena itu setiap muslim harus kritis terhadap mitos yang diyakini di dalam masyarakat.

  • Mitos tentang makanan

Banyak mitos kehamilan yang berhubungan dengan kehamilan, misalnya makan makanan pedan agar bayi tidak botak, makan buah nanas dan durian agar tidak keguguran (dalam medis, makan nanas dan durian secara berlebihan bisa menyebabkan keguguran), minum air kelapa muda agar bayi yang dilahirkan berkulit putih dan berambut lebat.

Mitos kehamilan menurut islam :

  • Mitos pertama

Islam sebagai agama yang menjunjung tinggi kasih sayang jelas melarang umatnya untuk menyakiti binatang. Hal tersebut mutlak berlaku kapan saja bukan hanya dilarang pada masa kehamilan saja, sebab di dalam Islam setiap perbuatan ada balasannya. Seperti firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-zalzalah ayat 7-8.

  • Mitos kedua

Menurut pandangan Islam, kepercayaan seperti itu tentu tidak benar dan bahkan bisa masuk ke dalam perbuatan syirik karena telah meyakini bahwa suatu benda bisa mendatangkan manfaat.

“Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan, dan mereka berkata, ‘Mereka itu adalah pemberi syafa’at kepada kami di sisi Allah’. Katakanlah apakah kamu akan memberitahu kepada Allah yang di langit dan yang di bumi? Maha Suci Allah dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan itu.” (QS. Yunus: 18).

  • Mitos ketiga

Secara medis dikatakan tidak ada kaitan antara menjahit dengan bawaan bayi yang terlahir sumbing. Karena itu setiap muslim harus kritis terhadap mitos yang diyakini di dalam masyarakat. Hal ini dianggap musyrik.

  • Mitos keempat

Hal ini tidak dibenarkan dalam dunia medis. Selain itu, tidak ada larangan hal seperti ini. Menurut islam, apa yang dimakan oleh ibu akan masuk dalam darah jabang bayi. Karena itu, ibu hamil diharuskan menjauhi makanan haram. Tidak hanya ibu hamil saja, tetapi semua umat muslim. Sebab mengonsumsi makanan haram dibenci oleh Allah Ta’ala. Selain itu makanan haram juga mendatangkan pengaruh buruk bagi tubuh.

“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.”(QS. Al- Maidah: 88).

 

KONSULTASI LEBIH LANJUT VIA

MARIA VIRGINIA

BBM : DD4464F7

WHATSAPP/LINE/CALL : 0858-3265-1727/0821-6117-3168

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *